Advertisements

Santo Siméon François Berneux

St. Most Rev. Simeon Berneux, M.E.P., D.D. (Sumber: cbck.or.kr)

Uskup Berneux (1814-1866) lahir pada tanggal 14 Mei 1814 di Mans, Perancis. Dia berasal dari keluarga yang biasa-biasa saja. Ibunya seorang wanita yang sangat saleh, dan memberikan pendidikan Kristen yang baik kepada Siméon. Ketika dia berusia sepuluh tahun, dia berkata kepada ibunya bahwa dia ingin menjadi seorang imam.

Banyak rintangan dalam jalan keinginannya. Ayahnya seorang yang suam-suam kuku, dan keluarganya miskin. Akhirnya, ayahnya memberikan persetujuan dan pastor parokinya membantu dia bersekolah. Berneux muda belajar dengan sangat baik. Dia melanjutkan studinya di Mans.

Pada tahun 1831, dia masuk ke seminari tinggi di Mans. Satu tahun setelah dia memulai studinya, dia jatuh sakit. Uskupnya mencarikan pekerjaan untuknya sebagai seorang pengajar dalam sebuah keluarga selama dua tahun. Kemudian, dia kembali ke seminari. Dia mengajar filsafat sebelum akhirnya dia ditahbiskan menjadi imam pada tanggal 30 Mei 1837. Setelah ditahbiskan, dia meneruskan pekerjaannya di seminari sebagai profesor dan direktur spiritual.

Pada tanggal 15 Juli 1839, Pastor Berneux bergabung dengan Perkumpulan Misi Luar Negeri Paris (Paris Foreign Missions Society / Société des Missions étrangères de Paris disingkat menjadi M.E.P.). Dia ingin pergi ke Korea yang telah mengalami dampak besar karena penganiayaan, dan dia meninggalkan Paris pada tanggal 15 Januari 1840.

Dia bertemu dengan Uskup Retord di Manila, yang ingin membawa dia ke Tonkin, Tiongkok. Mereka berpisah di jalan, dan Pastor Berneux bekerja di Indocina. Dia ditangkap oleh penganiaya dan disiksa dengan kejam. Dia dijatuhi hukuman mati namun dibebaskan melalui campur tangan seorang laksamana dari Perancis. Kemudian dia pergi ke Singapura dan ke Makau. Dia bekerja di Tiongkok dengan begitu berat sehingga dia berkali-kali jatuh sakit. Pada tanggal 5 Agustus 1854, Pastor Berneux diangkat oleh Paus Pius IX menjadi Vikaris Apostolik keempat Korea, menggantikan Uskup Ferréol.

Uskup Berneux sangat senang bisa pergi ke Korea, dia berseru “negeri para martir yang indah.” Uskup Berneux bersama dengan Pastor Charles Antoine Pourthié dan Pastor Michel Alexandre Petitnicolas menunggu sekitar dua bulan. Akhirnya mereka berhasil mendapatkan tiket perahu milik seorang Katolik Korea, dan empat hari kemudian mereka tiba dengan selamat di Seoul.

Uskup Berneux yang tak kenal lelah segera memulai pekerjaan pastoralnya. Dia mendirikan seminari di Baeron untuk mendidik para imam untuk masa yang akan datang. Dia juga menerbitkan buku-buku Katolik. Dia menunjuk Pastor Antione Daveluy sebagai uskup koajutor. Beliau seorang yang baik dan murah hati sekaligus juga seorang pemimpin besar. Jumlah umat Katolik meningkat pesat.

Santo Siméon François Berneux (Sumber: cbck.or.kr)

Uskup Berneux ditangkap dan dikirim ke penjara pada tanggal 23 Februari 1866. Pastor Dorie, Pastor Beaulieu dan Pastor De Bretenières juga ditangkap dan ditempatkan di penjara yang sama dengan Uskup Berneux. Setelah disiksa dengan kejam mereka dijatuhi hukuman mati pada tanggal 6 Maret 1866. Keesokan harinya mereka dipenggal di Saenamteo. Mereka bahagia karena mati bagi iman di negara itu. Dikatakan bahwa wajah Uskup Berneux tersenyum misterius ketika beliau meninggal. Pada saat itu beliau berusia 52 tahun.

Sumber: CBCK Newsletter No. 51 (Musim Panas 2005) dan cbck.or.kr

Advertisements

Posted on May 25, 2018, in Orang Kudus and tagged , , , . Bookmark the permalink. 13 Comments.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: