Advertisements

Santo Yosef Han Chae-kwon

Santo Yosef Han Chae-kwon (Sumber: cbck.or.kr)

Katekis Han Jae-kwon (1835-1866) lahir di Imcheon di Provinsi Chungcheong, namun dia tinggal di Taesongdong di Cheonju ketika penganiayaan dimulai.

Sebelum Yosef pindah ke Taesongdong, dia adalah seorang katekis, namun di Taesongdong dia tidak bertindak sebagai seorang katekis. Dia hidup sebagai seorang umat Katolik pada umumnya. Kepribadiannya sangat jujur dan lembut sehingga setiap orang di desa, baik umat Katolik ataupun orang-orang non-Katolik, mencintai dan menghormati dia. Dia memenuhi semua kewajiban seorang Kristiani dan ingin mati sebagai seorang martir.

Pada tanggal 3 Desember 1866, pada sore hari Yosef ditangkap oleh sekelompok polisi. Dia dikirimkan ke penjara Cheongju bersama dengan orang Katolik lainnya. Di Cheonju, dia tidak hanya disiksa oleh para pejabat pemerintah tapi juga bermasalah dengan anggota keluarganya sendiri, yang mengancam akan melakukan bunuh diri kecuali Yosef menyangkal agamanya. Namun demikian, Yosef menghadapi semua kesulitan ini dengan berani.

Ayahnya yang seorang non-Katolik memohon kepada gubernur supaya melepaskan Yosef, dan dia juga mengirimkan surat-surat kepada Yosef untuk memaksa Yosef menyangkal agamanya. Yosef dengan lembut namun juga dengan tegas menolak permintaan ayahnya itu. Ayahnya berusaha menyuap pejabat pemerintahan supaya putranya itu dibebaskan. Para pejabat pemerintah itu berusaha dengan sangat keras supaya Yosef menyangkal agamanya, namun usaha mereka terus menerus gagal. Ayah Yosef terus menerus menyuap para pejabat pemerintahan, namun Yosef mengingatkan ayahnya bahwa dia bukan putra satu-satunya. Dia memberitahukan ayahnya bahwa dia ingin mati bagi Allah.

Pada tanggal 13 Desember 1866, Yosef mencapai keinginannya pada usia 31 tahun. Akhirnya dia dipenggal di Supjeong-I di Cheonju.

Beberapa sumber menyebutnya Petrus Han Jae-kwon, namun sebagian besar sumber menyebutnya Yosef.

Sumber: cbck.or.kr

Advertisements

Posted on August 29, 2018, in Orang Kudus and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: