Advertisements

4 Ide Sederhana untuk Mengajak Anak Anda Berdoa

Oleh Christine Ponsard

Berdoa bersama (Sumber: shutterstock dan aleteia.org)

Berdoa bersama anak-anak tidak harus membuat Anda merasa stres jika Anda memusatkannya pada ide-ide dasar ini

Bagi kebanyakan orang tua, berdoa bersama dengan anak-anak yang masih kecil disamakan dengan kegiatan yang membuat Anda stres. Namun, semuanya bisa berjalan dengan lancar jika Anda melakukan pendekatan yang benar kepada mereka.

Berdoa bersama anak-anak memang tidak selalu mudah, terutama ketika anak-anak Anda masih sangat muda. Agar doa malam tidak menjadi sumber kejengkelan bagi seluruh keluarga, pertimbangkanlah untuk membangun empat sikap pengertian berikut ini:

  1. Berterima kasih

Berdoa bisa dimulai dengan pujian. Kita bisa mengucap syukur kepada Allah karena sudah menjadi Bapa kami dan atas segala karunia-Nya.

  1. Meminta maaf

Allah memberikan kita pengampunan. Kita dapat meminta pengampunan untuk sesuatu yang spesifik, yang membuat kita berpaling dari Tuhan. Permintaan ini dapat dibuat dalam keheningan, dan masing-masing menyebutkan dosa-dosa kita di dalam hati kita.

  1. Memohon

Segala sesuatu yang kita miliki berasal dari Allah. Mari kita menghadap-Nya dengan tangan terbuka. Doa permohonan dapat menyangkut hal apa saja: dari yang paling duniawi sampai yang sangat spiritual. Yang penting itu bukanlah apa yang kita minta, tetapi bagaimana kita memintanya: bukan sebagai sesuatu yang dilakukan oleh kita, tetapi sebagai pertolongan dari Allah. Kita bisa memberikan kata penutup permohonan doa kita dengan kata-kata berikut ini: “Namun bukan atas kehendak saya, tetapi kehendak-Mulah yang terjadi.”

  1. Saya mengasihi-Mu

Doa diawali dan ditutup dengan pujian. Dengan berkata kepada Allah, “Saya mengasihi-Mu” dapat menjadi sikap yang menunjukkan bahwa Allah adalah yang kita perlukan untuk hidup dalam dan atas kasih-Nya.

 

Dan janganlah kita melupakan, cara terbaik untuk melakukan pendekatan kepada anak-anak dalam berdoa adalah dengan menyanyikan pujian, doa permohonan mereka dan permohonan bagi orang lain.

Tambahan dari TerangIman.com: doa bersama anak bisa ditambahkan sedikit doa devosi kepada para kudus sebagai teman dalam doa kepada Allah, doa melalui para kudus ini bisa menjadi kesempatan dalam memperkenalkan anak Anda kepada para kudus misalnya Bunda Maria dan santo-santa yang menjadi nama baptis mereka.

Sumber: 4 Simple notions to guide prayer with children

Advertisements

Posted on 15 October 2019, in Keluarga and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: