Dampak Positif Rosario dalam Hidup Kita

Oleh Philip Kosloski

Rosario foto oleh Ruggiero Scardigno (Sumber: shutterstock.com dan aleteia.org)

Ketika berdoa dengan iman dan kesungguhan, Rosario dapat menjadi mercusuar dalam perjalanan hidup kita menuju kebajikan

Meskipun Rosario dikenal luas karena kualitasnya sebagai doa meditatif, namun juga bisa membawa dampak positif pada kehidupan sehari-hari seseorang.

Yang pertama, ketika berdoa dengan iman, Rosario memberikan kesempatan untuk berbicara secara batiniah dengan Yesus dan Maria.

Romo John Procter menjelaskan aspek Rosario ini dalam bukunya yang berjudul “The Rosary Guide for Priests and People.

Ketika kita mendaraskan Rosario kita dalam roh iman, kita berada di hadirat Yesus Kristus, tidak menyentuh ujung jubah-Nya, tidak terkena bayangan Rasul-Nya, melainkan berbicara kepada-Nya, memikirkan-Nya, mendengarkan-Nya, belajar dari-Nya, mengasihi-Nya, dan sebagai timbal baliknya dikasihi oleh-Nya. Bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan Tuhan kita, dan dengan Bunda Ilahi-Nya, tidak datang dari hadirin, sebagaimana Musa datang dari gunung, memantulkan cahaya Surgawi, jika belum ada pada wajah kita, namun masih berada dalam jiwa kita yang paling dalam? Seperti yang kita lakukan dalam mendaraskan manik-manik itu, bagaimana mungkin ketika memikirkan-Nya dan berbicara kepada-Nya, kita tidak menjadi lebih baik dan lebih suci dari kontak spiritual yang kita lakukan itu?

Aspek pertama Rosario ini didasarkan pada kemampuan doa Rosario untuk menempatkan kita di hadirat Yesus dan Bunda-Nya, yang merupakan suatu pengalaman yang positif. Semakin sering meluangkan waktu bersama Yesus dan Maria, semakin besar kemungkinan kita mencerminkan kasih mereka dalam kehidupan kita sehari-hari.

Masih ada kaitannya dengan atribut Rosario yang pertama itu, ada alasan kedua mengapa Rosario bisa berpengaruh positif bagi kita karena kita merenungkan misteri Injil sambil mendoakannya.

Jika dalam pikiran kita, kita melayang di atas lembah ini, dan berdiri di puncak gunung, apakah di Betlehem, Kalvari, atau Bukit Zaitun, dan menghirup udara segar yang murni dari misteri surgawi, tidak akankah dada kita mengembang secara spiritual dan jantung kita berdebar lebih cepat dengan adanya emosi supernatural iman, keyakinan, dan kasih? Pikiran kita akan dibersihkan dari kebenaran yang luhur ketika kebenaran itu menyaringnya melalui aliran sungai surgawi, hati kita akan berkembang dengan kasih yang lembut yang masuk ke hati kita dari hati Kristus.

Rosario itu pada dasarnya merupakan satu “doa alkitabiah” dan melalui membenamkan diri kita ke dalam Injil, kita bisa bertumbuh lebih dekat kepada Yesus dan terinspirasi oleh peristiwa-peristiwa hidup-Nya untuk menjadi heroik dalam kehidupan kita sendiri.

Iman, harapan, dan kasih harus berkembang dalam kehidupan spiritual, jika kita terus-menerus berhubungan dengan misteri-misteri yang memberi inspirasi dan bisa mewarisinya. Jika kira sering berada dalam doa Rosario kita, “memandang Yesus, Sang Penulis dan Penentu Iman kita,” kebajikan hidup-Nya harus tercermin dalam cara hidup kita, seperti bayangan Petrus yang mengenai orang sakit, kita harus naik ke tingkat yang lebih tinggi. Kita tidak dapat memikirkan kehidupan dan teladan-teladan Kristus dalam semangat iman yang sederhana dan seperti anak kecil, tanpa menjadi semakin seperti Kristus. Menjadi manusia yang semakin sederhana, semakin taat, semakin sabar, semakin mengampuni, semakin “lemah lembut dan rendah hati.”

Sama seperti semua doa, yang hanya bisa terjadi jika kita berdoa Rosario dengan iman dan kepercayaan kepada Allah. Jika dilakukan hanya sebagai rutinitas belaka, maka dampaknya akan berkurang. Namun jika disertai dengan iman, kekuatan doa Rosario akan berdampak besar pada kehidupan kita sehari-hari.

 

Sumber: “How the Rosary can have a positive impact on our daily life”

Posted on 25 October 2020, in Doa, Kenali Imanmu and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: