Advertisements

Ada Berapa Hari Tobat dalam Masa Prapaskah?

40 Hari Prapaskah (Sumber: www.catholicsistas.com/)

40 Hari Prapaskah (Sumber: http://www.catholicsistas.com/)

Masa Prapaskah adalah masa pertobatan dalam menyambut Paskah Tuhan kita Yesus Kristus. Pada masa prapaskah ini umat Katolik mengisi kegiatannya dengan berdoa, puasa (dan pantang) dan amal kasih. Masa Prapaskah ini kita memperingati 40 hari Tuhan Yesus berpuasa di padang gurun dan dicobai iblis. Jika kita menghitung di kalender dari Rabu Abu sampai Sabtu Suci maka terdapat 46 hari. Kok bisa begitu?

Dalam perhitungan Kalender Liturgi, Masa Prapaskah sendiri dimulai pada Rabu Abu dan berakhir pada Kamis Putih sehingga Masa Prapaskah sendiri selama 43 atau 44 hari. Perhitungan 43 hari tanpa menghitung hari Kamis Putih, 44 hari menghitung hari Kamis Putih pagi sebelum Misa Kamis Putih di sore hari. Setelah Kamis Putih sampai Vigili Paskah itu adalah masa yang disebut Pachal Triduum (Tri Hari Suci). Jadi jika dihitung Masa Prapaskah sebanyak 43 hari dan ditambah Tri Hari Suci sebanyak 3 hari, maka dari Rabu Abu sampai dengan Sabtu Suci adalah sebanyak 46 Hari.

Setelah menghitung semua hari dari Rabu Abu sampai Sabtu Suci di atas, mari kita menghitung berapa hari tobat dalam Masa Prapaskah. Hari Tobat tidak menghitung hari Minggu dalam Masa Prapaskah. Jadi Minggu Prapaskah I sampai Minggu Prapaskah V adalah berjumlah 5 hari dan satu hari Minggu Palma. Alasannya, hari Minggu tidak dihitung sebagai masa pantang dan puasa karena semua hari Minggu memperingati kebangkitan Kristus. Jadi pada hari Minggu ini tidak diperbolehkan untuk berpuasa dan melakukan tindakan silih termasuk pada Masa Prapaskah.

Jadi walaupun secara perhitungan 46 hari, namun masa tobat dalam Masa Prapaskah adalah 40 hari. Namun, hari tobat tetap menghitung hari Kamis Putih, Jumat Agung dan Sabtu Suci (hari Sabtu sebelum matahari terbenam) dan berakhir pada Malam Paskah (hari Sabtu sesudah matahari terbenam). Berikut ini adalah bagan perhitungan hari tobat pada Masa Prapaskah tahun 2016.

Kalender Prapaskah 2016

Kalender Prapaskah 2016

Referensi:

  1. Lent 40 Days or More?
  2. Counting Lent
  3. 40 Days of Lent
Advertisements

Posted on March 18, 2016, in Kenali Imanmu and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: