Advertisements

Santa Perpetua Hong Kum-ju

Santa Perpetua Hong Kum-ju (Sumber: cbck.or.kr)

Santa Perpetua Hong Kum-ju (Sumber: cbck.or.kr)

Perpetua Hong Kum-ju (1804-1839) lahir di luar kota Seoul. Dia seorang wanita yang berkarakter kuat, cerdas, dalam tata cara maupun bahasanya. Dia dibesarkan di rumah neneknya. Dia menikah dengan seorang pria pagan pada usia 15 tahun, namun entah bagaimana dia dapat menjalankan agamanya. Suaminya meninggal muda, dan dia meninggalkan rumah suaminya itu bersama dengan putranya dan tinggal di Minari-kol. Tak lama kemudian, putranya juga meninggal. Pemilik rumah yang dia tinggali yaitu Filipus Choe, mengajarkan Katekismus dari awal, dan Perpetua berdoa dengan sungguh-sungguh sehingga dia sering menangis dalam doanya. Orang-orang mengagumi kegiatan amalnya dan berkata bahwa dia membantu orang lain seperti seorang pembantu.

Perpetua pernah berkata: “Saya ingin sebuah pakaian berwarna merah, karena saya ingin menjadi martir.” Dia ditangkap dan disiksa dan diperintahkan supaya dia menyangkal Allah dan memberitahukan tempat persembunyian umat Katolik. Namun, bahkan dia tidak mengerang. Polisi memelintir kakinya, dan kemudian menelanjangi dia dan menggantung dia di atap penjara untuk dipukuli, namun dia tetap tenang. Tiga hari kemudian, dia dikirimkan ke pengadilan yang lebih tinggi dan kakinya dipukuli dengan kejam dalam tiga kali penyiksaan, namun dia tidakmenyerah kepada para hakim. Dia hampir meninggal karena demam di penjara, namun dia sembuh dengan cepat dan membantu tahanan lain tanpa pamrih. Setiap orang di penjara menganggap dia sebagai kakak mereka.

Perpetua dipenggal bersama dengan delapan umat Katolik lainnya di luar Pintu Gerbang Kecil Barat pada tanggal 26 September 1839 pada usia 36 tahun.

Sumber: cbck.or.kr

Advertisements

Posted on July 2, 2016, in Orang Kudus and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: