Advertisements

Seperti Apa Eksorsisme Itu?

Oleh Philip Kosloski

Ritual Eksorsisme oleh Andrea Crisanta (Sumber: shutterstock.com dan aleteia.org)

Gambaran dasar tentang Ritual Eksorsisme

Hollywood suka sekali mengeskploitasi adegan eksorsisme (pengusiran setan) Katolik. Puluhan film dan acara TV menyoroti ritual suci itu, namun mereka melakukan adegan itu dengan cara yang terlalu dramatis, yang berfokus hampir semua kepada kejadian yang luar biasa yang dapat terjadi selama ritual itu.

Sementara itu, dalam film horor, penggambaran ritual itu dibuat dengan nada tertentu untuk menghibur, pada umumnya pengusiran setan tidak seperti itu. Menurut Pastor Luis Ramírez, koordinator konferensi eksorsisme tahunan di Roma, kasus semacam itu tidak umum. Dalam pembicaraannya dengan Crux, Pastor Ramírez berkata, “Apa yang kita lihat di film-film adalah kasus-kasus ekstrim, yang sangat langka …  Oleh karena itu, tidak berarti dalam setiap pengusiran setan berakhir seperti apa yang kita lihat di bioskop. Memang benar ada kasus-kasus yang sulit, yang berdampak kepada kita, namun ini bukanlah apa yang dihadapi seorang eksorsis setiap hari.”

Jadi, bagaimana bentuk eksorsisme pada umumnya?

Pastor Mike Driscoll dalam bukunya “Demons, Deliverance, and Discernment,” memberikan garis besar tentang ritual itu, dan juga menjelaskan berbagai komponennya.

  • Penyelidikan

Pertama kali, sebelum pengusiran setan dilakukan, suatu penyelidikan yang menyeluruh dilakukan. Imam biasanya akan menemui seseorang yang dirasuki dalam berbagai kesempatan. Seringkali hal ini bisa memakan waktu sampai satu tahun (atau lebih). Selama masa ini, pemeriksaan psikologis akan dilakukan di mana seorang psikolog akan membantu imam untuk menentukan apakah orang tersebut membutuhkan bantuan medis atau bantuan Ilahi.

  • Persiapan

Setelah disimpulkan bahwa terjadi sesuatu hal yang bersifat supernatural, imam akan memulai persiapan. Dia akan mengaku dosa dan mempersembahkan Misa, dengan demikian si iblis tidak diberikan makanan yang bisa si iblis gunakan untuk melawan imam itu. Selain itu, orang yang dirasuki juga akan disarankan untuk berpuasa, mengaku dosa dan menerima Ekaristi jika mereka mampu.

  • Ritual

Imam akan memimpin ritual itu di tempat yang layak, dengan bantuan beberapa asisten. Para asisten ini juga sebelumnya harus mempersiapkan diri secara spiritual dan hadir untuk membantu imam dalam berbagai cara dan mungkin perlu untuk menahan orang yang dirasuki itu. Ritual pengusiran setan tidak pernah dilaksanakan sendirian.

Imam akan diperlengkapi dengan salib, relikui orang kudus, air suci, dan doa-doa ritual, dan kemudian ritual pengusiran setan dimulai. Litani Para Kudus akan diucapkan dan semuanya akan diperciki dengan air suci. Mazmur 53 akan diucapkan dan kemudian doa-doa khusus pengusiran setan. Suatu bagian Injil akan dibacakan, bersama dengan lebih banyak lagi doa-doa pengusiran setan.

Jika perlu, imam akan berdoa Bapa Kami, Salam Maria, Syahadat Para Rasul, Kidung Bunda Maria (Magnificat), Kidung Zakaria (Benedictus), dan Syahadat Athanasian. Berbagai mazmur dan doa diucapkan sampai roh jahat itu diusir.

Pada proses ini mungkin memerlukan beberapa sesi untuk diselesaikan.

Secara umum, imam tidak diperintahkan untuk melawan ataupun berbicara dengan si iblis, namun sekedar mengucapkan doa-doa ritual dan percaya akan kuasa Tuhan. Iblis mungkin berusaha untuk pamer kekuatannya, namun pada akhirnya si iblis akan lemah dan menjadi pengecut. Para imam yang melakukan pengusiran setan dilatih untuk bersikap tenang dan bisa menguasai diri selama suatu ritual pengusiran setan, juga mempunyai iman yang teguh sehingga roh-roh jahat itu bukan tandingan dengan kuasa Ilahi Tuhan.

  • Tindak Lanjut

Setelah pengusiran setan selesai, orang yang telah dirasuki itu diperintahkan untuk sering menerima sakramen pengakuan dosa dan Ekaristi, untuk mencegah roh jahat itu kembali.

Sumber: “This is what exorcisms are really like”

Advertisements

Posted on June 7, 2018, in Panggilan and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: