Advertisements

Santo Andreas Chong Hwa-gyong

Santo Andreas Chong Hwa-gyong (Sumber: cbck.or.kr)

Andreas Chong Hwa-gyong (1807-1840) adalah seorang yang sangat bodoh sehingga dia mudah ditipu dengan mudah. Akibatnya, seorang uskup dan banyak orang Katolik ditangkap. Si pengkhianat, Kim Yo-sang berkata kepada dia bahwa orang-orang pemerintahan ingin menjadi Katolik dan akan menyambut para misionaris dari Perancis. Andreas dengan bodohnya mempercayai mereka dan memimpin sekelompok penculik menuju Uskup Imbert, yang mereka tangkap.

Andreas lahir pada tahun 1807 pada keluarga Katolik yang kaya, mereka tinggal di Ch’ongsan di Provinsi Chungchong. Supaya dia dapat menjalankan agamanya dengan lebih bebas, dia meninggalkan rumahnya dan pindah ke Seoul. Dia membantu Gereja dengan semampu yang dia bisa. Bahkan setelah Uskup Imbert ditangkap, Andreas ditipu lagi oleh polisi. Polisi itu berkata kepada dia bahwa tak lama lagi akan ada kebebasan beriman dan polisi menangkap banyak umat yang baru menjadi Katolik.

Polisi berusaha untuk menangkap Pastor Maubant dan Chastan melalui Andreas, namun akhirnya Andreas menyadari kebodohannya dan tidak memberitahukan keberadaan para misionaris. Sebaliknya, dia pergi diam-diam kepada para misionaris dan memberitahu supaya mereka melarikan diri. Andreas mengakui dosa-dosanya, dan dia ingin menyerahkan dirinya sendiri kepada aparat pemerintah.

Akhirnya dia ditangkap, dan kepala polisi memerintahkan supaya dia menyangkal imannya. Walaupun Andreas bodoh, dia memiliki iman yang kuat. Dia terus menerus menolak permintaan kepala polisi dan menahan seluruh rasa sakit karena dipelitir dan ditikam. Dia dipukuli lebih dari seratus kali dan dicekik sampai mati di Seoul pada tanggal 23 Januari 1840, pada usia 33 tahun.

Sumber: cbck.or.kr

Advertisements

Posted on August 17, 2017, in Orang Kudus and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: