6 Gambar Yesus Tertua di Dunia

Oleh V. M. Traverso

Christ Pantocrator (Sumber: aleteia.org)

Dengan melihat penggambaran Yesus yang paling kuno, kita bisa mempelajari kanon artistik dari komunitas Kristen mula-mula.

Sebagaimana penjelasan berbagai teori “penampilan” Yesus, banyak hal yang kita ketahui tentang penampilan Yesus merupakan produk dari konvensi artistik. Karana Alkitab dan Kitab Perjanjian Baru tidak memberikan gambaran bagaimana rupa Kristus, para pelukis dan pembuat mosaik seringkali menggunakan kanon artistik yang ada pada waktu itu untuk membuat gambaran visual “Sang Anak Allah.” Hal ini berarti penggambaran Yesus mula-mula merupakan wawasan berharga tentang berbagai gaya ikonografi di berbagai tempat dan juga masyarakat yang membentuk jemaat Kristen perdana. Berikut ini daftar enam gambar Yesus paling kuno yang telah diketahui sejarawan.

  1. Coretan dinding Alexamenos, abad pertama

Alexamenos graffito (Sumber: aleteia.org)

Coretan dinding ini menggambarkan seorang manusia yang melihat seorang figur berkepala keledai yang sedang disalibkan, coretan ini diukir dalam plester di sebuah dinding di Roma pada abad ke-1. Jika Anda merasa bingung dan tersinggung karena gambar ini, memang gambar ini tidak dibuat untuk menghormati Yesus tetapi sebagai ejekan. Pada abad pertama, agama Kristen bukan agama resmi di Roma, dan warga Romawi memandang orang Kristen sebagai orang yang layak dicurigai dan patut dipertanyakan. Coretan dinding ini mungkin dibuat untuk mengolok-olok “Alexamenos” yang merupakan seorang Kristen, dengan menggambarkan dirinya sedang menyembah seorang Tuhan “yang berkepala keledai.” Ukiran yang tertulis dengan gambar itu memang berbunyi: “Alexamenos sedang menyembah tuhannya.” Dan keadaan “Tuhannya Alexamenos” sedang disalibkan menjadikannya lebih buruk, karena pada masa abad pertama, penyaliban merupakan hukuman bagi mereka yang melakukan kejahatan serius.

  1. Gembala yang Baik, abad ke-3

The Good Shepherd (Sumber: aleteia.org)

Walaupun Injil tidak memberikan gambaran fisik Yesus, namun dalam Injil menawarkan banyak deskripsi figuratif tentang Yesus. Salah satu figur yang paling mencolok adalah perumpamaan “Gembala yang Baik.” Dalam Injil Yohanes (10:11 dan 10:14), Yesus menyatakan bahwa: “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya.” Maka tidak mengherankan jika banyak seniman Kristen mula-mula memilih gambar gembala untuk menggambarkan Kristus. Dan sebagian besar, mereka menggambarnya dengan menggabungkan motif gembala yang khas dalam seni Yunani dan Romawi. Gambar ini dilukis di dalam katakombe St. Callisto di Roma, yang menggambarkan Yesus sedang menggendong anak domba di bahunya. Gambar ini mengikuti sosok ikon “maskophoros” yang secara harafiah berarti “pembawa domba” yang penggambaran pertamanya ada dalam seni Yunani kuno pada tahun 570 SM.

  1. Kedatangan Orang Majus, abad ke-3

Adorazione dei magi oleh Giovanni Dall’Orto (Sumber: wikimedia.org dan aleteia.org)

Gambar Kristus yang lainnya yang disajikan dalam Perjanjian Baru adalah kedatangan para majus yang dijelaskan dalam Matius 2:1-12. Maka hasilnya, “epifani” menjadi salah satu representasi paling populer dalam kehidupan Kristus selama masa permulaan agama Kristen. Gambar para majus yang menyembah Sang Anak ini dibuat untuk menghias sarkofagus yang berasal dari abad ke-3, yang sekarang disimpan di Museum Vatikan di Roma.

  1. Yesus Menyembuhkan Orang Lumpuh, abad ke-3

Healing of the Paralytic dari Yale University Art Gallery (Sumber: aleteia.org)

Salah satu mukjizat Yesus yang dituliskan dalam Injil (Matius 9:1-8, Markus 2:1-12, dan Lukas 5:117-26) adalah Yesus menyembuhkan seorang lumpuh di Kapernaum, pada zaman modern ini berada di Israel. Sejak saat itu, adegan ini berulang kali ditampilkan dalam ikonografi Kristen. Gambar ini berasal dari abad ke-3 dan ditemukan di tempat pembaptisan di sebuah gereja yang sudah lama ditinggalkan di Suriah. Gambar ini merupakan salah satu gambar penggambaran Kristus paling kuno yang sudah diketahui oleh sejarawan.

  1. Kristus di antara Petrus dan Paulus, abad ke-4

Christ between Peter and Paul (Sumber: aleteia.org)

Gambar ini berasal dari abad ke-4, yang menggambarkan Yesus di antara St. Petrus dan St. Paulus. Gambar ini dilukis di dalam Katakombe St. Marcellinus dan Petrus di Via Labicana di Roma, terletak di sebuah vila yang dulunya milik Kaisar Kontantinus. Di bawah gambar utama dari lukisan itu, kita bisa melihat empat tokoh yang menjadi martir yang dimakamkan di dalam katakombe itu, mereka adalah Gorgonius, Petrus, Marcellinus dan Tiburtius. Mereka digambarkan mengarahkan tangan mereka kepada Anak Domba Allah di altar surgawi-Nya.

  1. Kristus Pantokrator, abad ke-6

Christ Pantocrator (Sumber: aleteia.org)

Secara harafiah, “Pantokrator” dalam bahasa Yunani bermakna “dia yang memiliki kuasa atas segala sesuatu.” Itulah bagaimana dua ungkapan bahasa Ibrani yang digunakan dalam Perjanjian Lama untuk menggambarkan Allah, “Allah segala kuasa” (Sabaot) dan “Yang Mahakuasa” (El Shaddai) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Yunani. Untuk mewakili sifat-sifat agung itu, para ikonografer Byzantine memanfaatkan fitur-fitur seperti tangan kanan terbuka yang bisa mengungkakan rasa akan kekuatan dan kekuasaan. Gambar “Kristus Pantokrator” ini adalah contoh yang paling kuno di dunia. Ekspresi berbeda ditunjukkan di sisi kanan dan kiri wajah Yesus yang menunjukkan dua kodrat-Nya yaitu sungguh Allah dan sungguh manusia. Gambar ini dilukis di atas papan kayu pada abad ke-6 atau ke-7. Sekarang gambar ini disimpan di biara St. Catherine di Gunung Sinai, Mesir. Adapun biara itu merupakan biara tertua di dunia.

Sumber: The six oldest images of Jesus

Posted on 6 December 2019, in Seni dalam Gereja and tagged , , . Bookmark the permalink. 1 Comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: