Advertisements

5 Nama Yohanes Dalam Perjanjian Baru

Oleh Philip Kosloski

Yohanes dalam Perjanjian Baru (Sumber: aleteia.org)

Lihatlah profil singkat setiap pribadi yang bernama Yohanes dalam Perjanjian Baru

Ada beberapa nama yang selalu populer dalam Kitab Suci, salah satunya yaitu Yohanes. Nama ini adalah nama kuno yang sering digunakan oleh orang Yahudi. Dalam bahasa Ibrani nama ini adalah Yehohanan dan biasanya diterjemahkan menjadi “Yahwe/Allah telah bermurah hati.”

Nama ini adalah nama populer dalam Perjanjian Baru, nama ini diberikan kepada lima orang berbeda dengan berbagai tingkat kepentingan. Inilah daftar singkat mereka bersama dengan profil singkatnya.

  • Yohanes Pembaptis

Putra dari Zakharia dan Elisabet, dia masih kerabat dari Tuhan Yesus Kristus. Dia berkhotbah di padang gurun dan membaptis banyak orang, termasuk Yesus di Sungai Yordan. Herodes memenggal Yohanes untuk menenangkan istrinya, karena Yohanes pernah menegor pernikahan mereka sebagai perzinahan.

  • Yohanes ayah dari Rasul Petrus

Andreas membawa saudaranya Simon kepada Yesus dan Dia berkata, “Engkau Simon, anak Yohanes, engkau akan dinamakan Kefas (artinya: Petrus)” (Yohanes 1:42). Tidak diketahui banyak tentang ayah Petrus, selain mungkin dia seorang nelayan.

  • Rasul Yohanes

Biasanya disebut sebagai murid “yang dikasihi”, Yohanes dipercaya telah menulis Injil Yohanes sebagaimana surat-surat dengan namanya dalam Perjanjian Baru dan juga Kitab Wahyu. Dia juga mungkin membawa Perawan Maria ke dalam rumahnya setelah Yesus disalibkan.

  • Yohanes Markus

Dalam Kisah Para Rasul tercatat, “Yohanes yang memiliki nama lain Markus” (Kisah Para Rasul 12:12). Sebagaian besar mengidentifikasi dia sebagai St. Markus Penginjil, penulis Injil Markus. Para sarjana selama bertahun-tahun terus menerus memperdebatkan apakah keduanya itu satu orang yang sama atau orang yang berbeda.

  • Yohanes anggota keluarga Imam Besar

Tokoh ini secara singkat disebutkan dalam Kisah Para Rasul ketika Petrus disidangkan,”Pada keesokan harinya pemimpin-pemimpin Yahudi serta tua-tua dan ahli-ahli Taurat mengadakan sidang di Yerusalem dengan Imam Besar Hanas dan Kayafas, Yohanes dan Aleksander dan semua orang lain yang termasuk keturunan Imam Besar” (Kisah Para Rasul 4:5-6).

Sumber: John who? There are 5 different men named John in the New Testament

Advertisements

Posted on June 27, 2018, in Kenali Imanmu and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: