Wakil Gubernur Akan Menjadi Yesuit – Kisah Cyrus Habib

Cyrus Habib (Sumber: catholicnewsagency.com)

Pada hari Kamis (18/3/2020), Wakil Gubernur Washington mengumumkan bahwa ia tidak akan mengupayakan pemilihan ulang atas dirinya, namun ia akan memasuki Serikat Yesus pada musim gugur tahun ini.

Wagub Cyrus Habib (38) akan mengakhiri karir jabatan publik yang dijalaninya selama 8 tahun, ia menceritakan ketika “dua tahun penuh perhatian dan doa dalam pembedaan roh” membawa dirinya bergabung dengan para Yesuit.

Habib yang terpilih sebagai wakil gubernur pada tahun 2016 adalah pejabat tertinggi terpilih keturunan Iran-Amerika di Amerika Serikat.

Proses pembedaan roh yang dijalaninya “hampir sepenuhnya pribadi,” Habib berkata bahwa ia memperkirakan banyak dari konsituen dan pendukungnya menanggapi keputusannya sebagai “kejutan besar, terutama ia dianggap sebagai seseorang yang memiliki masa depan politik yang cerah.

“Banyak orang akan bertanya-tanya mengapa seseorang yang sudah menghabiskan delapan tahun menaiki tangga perpolitikan dan yang tidak memiliki kesempatan yang menonjol untuk memasuki jabatan gubernur tahun depan, akan menukarkan kehidupannya pada otoritas dan ketaatan,” kata Habib dalam sebuah esai yang menjelaskan keputusannya di America Magazine yang diterbitkan oleh Serikat Yesus.

Dalam esai itu, ia memuji iman Katoliknya karena menjadi awal mula motivasi untuk memasuki dunia politik, dan iman Katolik pula yang membimbing dalam mengambil keputusan dalam jabatannya.

“Prioritas-prioritas dalam jabatan saya berakar kuat dalam ajaran sosial Katolik, yang menempatkan orang miskin, orang sakit, orang berkebutuhan khusus, imigran, tahanan, dan semua orang yang tersisihkan di pusat agenda sosial dan politik kita,” ia tulis dalam America.

Habib kehilangan penglihatannya pada usia 8 tahun karena kanker, dan 3 kali selamat dari kanker. Ia menulis bahwa pengalaman hidupnya telah memberinya rasa empat bagi mereka yang tersisih secara sosial.

Terlepas dari keberhasilan politik dan prospek cerahnya untuk masa depan, Habib mengatakan kepada America bahwa baru-baru ini ia merasa terpanggil untuk menjalani gaya hidup yang berbeda, “meskipun gaya hidup itu juga berorientasi pada pelayanan dan keadilan sosial.”

“Saya sudah merasakan panggilan hidup saya untuk cara yang lebih langsung dan pribadi,” ia tulis.

“Saya mulai percaya bahwa cara terbaik untuk memperdalam komitmen saya terhadap keadilan sosial adalah dengan mengurangi kompleksitas dalam hidup saya sendiri dan mendedikasikannya untuk melayani orang lain.”

Ketika ia mengakui pentingnya dan pengaruhnya dalam peran kehidupan publik, Habib mengatakan bahwa ia menyadari bahwa “memenuhi tantangan yang dihadapi negara kita akan memerlukan lebih dari sekadar pembuat kebijakan,” dan orang-orang “sangat membutuhkan dukungan spiritual dan persahabatan.”

Habib memuji Yesuit atas komitmen mereka terhadap pendidikan, dan ia mengatakan bahwa “masih terlalu dini” untuk mengetahui bagaimana kehidupannya dalam ordo itu, “tapi saya yakin bahwa itu akan melibatkan pengajaran, dialog antar budaya dan agama, advokasi, dan pendampingan spiritual.”

Formasi Yesuit biasanya memakan waktu 8 sampai 17 tahun. Habib tidak mengatakan Serikat Yesus provinsi mana yang akan ia masuki musim gugur ini, adapun ada 4 provinsi yang terdapat ordo Yesuit di Amerika Serikat. Namun ia mohon doa-doa kita.

Katanya, “Saya memohon Anda semua untuk membawa saya dalam doa ketika saya menempuh jalan baru, dan tentu saja Anda akan selalu dalam doa saya.”

Sumber: “Washington Lt. Gov. Cyrus Habib to leave office, join the Jesuits”

Posted on 20 March 2020, in Kisah Iman and tagged , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: