Ada Berapa Orang Para Kudus Katolik itu?

Oleh Philip Kosloski

Para Kudus foto oleh Sailko (Sumber: church.mt)

Jawabannya bermacam-macam, tergantung apa itu definisi “orang kudus”

Kata “santo/santa” berasal dari kata bahasa Latin yaitu sanctus, artinya “kudus.” Selama beberapa abad pertama Gereja, gelar ini diberikan dengan bebas kepada semua orang, terutama para martir yang dikenal umum karena kekudusan mereka.

Baru pada tahun 1588, Kongregasi bagi Penyebab Penganugerahan Gelar Santo-Santa (Congregatio de Causis Sanctorum) di Vatikan resmi dibentuk untuk mengatur gelar ini dan lebih selektif dalam proses kanonisasi formal.

Bahkan hanya sedikit orang punya waktu untuk memilah-milah beberapa abad orang kudus ini dan menghasilkan penghitungan orang kudus yang dikanonisasi secara resmi.

Umumnya kisaran jawaban dari pertanyaan ini adalah antara 1.000 sampai 8.000 orang kudus. Namun, perhitungan ini mungkin belum termasuk jumlah besar orang kudus yang sudah dikanonisasi dalam beberapa dekade terakhir.

Contohnya, St. Yohanes Paulus II melakukan kanonisasi terhadap 482 orang kudus, Paus Benediktus XVI melakukan kanonisasi terhadap 45 orang kudus dan Paus Fransiskus sendiri melakukan kanonisasi terhadap 893 orang kudus. Angka-angka ini seringkali besar karena adanya kanonisasi “massal”, seperti kanonisasi martir Italia oleh Paus Fransiskus pada tahun 2013.

Di sisi lain, kebanyakan orang sepakat bahwa jumlah “orang kudus” tidak mungkin bisa dihitung, karena istilah tersebut juga bisa merujuk pada semua orang yang saat ini berada di Surga.

Beberapa orang menyatakan setidaknya ada 100 miliar kelahiran sejak awal mula eksistensi manusia. Berapa banyak dari orang ini sudah berada di Surga hanyalah masalah spekulasi, tidak satup pun dari kita tahu pasti sampai akhir hidup kita sendiri di bumi.

Yang penting adalah setiap orang dipanggil menuju kekudusan dan harus berusaha untuk menjadi seorang kudus. Kekudusan bisa diraih oleh siapa saja yang punya kehendak untuk memiliki hubungan dekat dengan Yesus dan bisa diperoleh dalam berbagai profesi atau panggilan apa pun di bumi.

 

Sumber: “How many Catholic saints are there?”

Posted on 1 February 2021, in Kenali Imanmu, Orang Kudus and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: