Makna ‘Dan bersama Rohmu’

Oleh Philip Kosloski

Misa Katolik (Sumber: aleteia.org)

Tanggapan “Dan bersama rohmu” berupakan kutipan dari Alkitab dan merujuk pada rahmat khusus Roh Kudus yang diterima imam waktu ditahbiskan

Waktu Misa, umat Katolik menanggapi salam imam “Tuhan bersamamu” dengan jawaban “Dan bersama rohmu.”  Tanggapan ini merupakan salah satu kutipan yang langsung diambil dari Alkitab, tapi juga merujuk pada Roh Kudus dan rahmat yang diterima oleh para imam ketika mereka ditahbiskan.

Perkataan ini lagi-lagi berasal dari surat-surat St.Paulus dalam Perjanjian Baru dan sering sekali ia menutup surat-suratnya dengan cara itu.

Kasih karunia Tuhan kita Yesus Kristus menyertai roh kamu, saudara-saudara! Amin (Galatia 6:18)

Tanggapan itu mengingatkan kita bahwa tanya jawab yang dilakukan saat Misa bukan sekadar perjamuan biasa, tetapi perjamuan surgawi dengan dimensi rohani yang begitu mendalam.

Ini berasal dari tanggapan khas yang mungkin kita sampaikan kepada seseorang di jalanan dan mengingatkan kita akan sesuatu yang istimewa.

Lebih lanjut, mengatakan “dan bersama rohmu,” berarti mengakui bagaimana uskup, presbiter, dan diakon adalah mereka yang dikhususkan oleh karena tahbisan yang mereka terima.

Dr. Edward Sri memberikan penjelasan ringkas dalam artikel yang dimuat di Catholic Education Resource Center.

Dengan menjawab, “Dan bersama rohmu,” kita mengakui perbuatan Roh Kudus melalui imam selama Liturgi kudus. Kita mengacu kepada “roh” imam yang merupakan inti dari keberadaannya, yang mana ia telah ditahbiskan untuk mempersembahkan kurban Misa. Memang, kita mengakui bahwa karena Allah bekerja melalui imam yang mempersembahkan Misa, yang pada akhirnya adalah Yesus Kristus yang adalah Sang Kepala dari komunitas yang berkumpul untuk Liturgi, dan Roh-Nya yang menjadi aktor utama dalam Liturgi, terlepas dari siapa imam yang merayakan Misa.

Supaya lebih jelas, frasa itu bukan merujuk pada “roh” sang imam melainkan pada Roh Kudus dan rahmat istimewa yang diberikan kepadanya.

Setiap kata dan frasa dalam Misa dipilih untuk tujuan tertentu dan mengungkapkan banyak makna rohani yang memungkinkan kita untuk ikut ambil bagian dalam misteri yang sakral.

 

Sumber: “Why do Catholics respond “And with your spirit” at Mass?”

Posted on 21 May 2021, in Ekaristi and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: