Apa itu ‘Misa Hitam’?

Oleh Philip Kosloski

Black Mass (Sumber: aleteia.org)

Upacara pemujaan setan ini membalikkan liturgi Katolik untuk tujuan jahat

Sekitar Halloween sering beredar laporan tentang perayaan “Misa Hitam.” Apa sebenarnya Misa Hitam itu dan apa hubungannya dengan Gereja Katolik?

Misa Hitam adalah upacara yang dirayakan oleh berbagai macam kelompok pemuja setan. Upacara ini sudah ada selama berabad-abad dalam berbagai macam bentuk dan secara langsung didasarkan pada Misa Katolik.

Namun, Misa Hitam ini mengambil bentuk Misa Katolik dan memutarbalikannya, dengan sengaja menghujat perayaan Misa Katolik. Mereka yang ikut Misa Hitam sering menggunakan hosti Ekaristi yang sudah dikonsekrasikan dan melecehkannya, bahkan menggunakan cara yang cabul. Inilah salah satu alasan mengapa tabernakel yang ada di gereja-gereja Katolik ada kuncinya dan di beberapa paroki ada petugas yang berdiri di sebelah antrian komuni. Kedua kebijakan itu bertujuan untuk melindungi Ekaristi supaya tidak dipergunakan dalam Misa Hitam.

Dan yang cukup menarik adalah ada seorang mantan pemuja setan yang bernama Betty Brennan mengatakan dalam suatu acara bahwa banyak para pemuja setan dan penyihir tahu mana hosti yang sudah dikonsekrasikan dan mana yang belum, kerena mereka bisa merasakan kehadiran Allah dalam hosti yang sudah dikonsekrasikan. Dia juga menyatakan bahwa jika ada seribu hosti yang ditaruh di atas meja, maka para pemuja setan bisa tahu mana satu hosti yang sudah dikonsekrasikan.

Maka hal ini selaras dengan banyak perikop Injil di mana orang yang dipengaruhi setan tahu bahwa Yesus itu adalah Sang Mesias.

Misa Hitam seringkali menggunakan berbagai bentuk jubah imam, pembacaan doa bahasa Latin dengan mengubah tujuan doa kepada Iblis, bukan kepada Allah.

Ada ritual lain yang masuk dalam Misa Hitam yaitu sesuatu yang bersifat seksual dan berbagai macam perilaku seksual yang menyimpang.

Tujuan Misa Hitam jelas sekali adalah kebalikan dari Misa Katolik. Yesus menetapkan Ekaristi untuk memperkuat persekutuan kita dengan Allah dan umat lainnya, sementara itu misa setan menabur perpecahan dan kebingungan.

Sejak kejatuhan setan dari surga, Iblis sudah memengaruhi manusia dengan cara yang negatif dan berusaha membuat jarak antara manusia dengan Allah. Misa Hitam adalah salah satu cara pamungkas yang dirancang Iblis untuk membuat kebencian terhadap Allah dalam diri seseorang, dan meyakinkan orang itu untuk menista hosti yang diyakini umat Katolik ada Kehadiran Nyata-Nya.

 

Sumber: “What is a “Black Mass”?”

Posted on 30 October 2021, in Kenali Imanmu and tagged . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: