St. John Mary Kiwanuka Muzeeyi

St. John Mary Kiwanuka Muzeeyi (Sumber: ugandamartyrsshrine.org.ug)

Dia berasal dari suku Muganda (Buganda) yang lahir di Musoke di Minziiro di Provinsi Buddu antara tahun 1852 dan 1857. Oleh karena kebijaksanaan, kedewasaan dalam mengambil keputusan, dan wajahnya yang kelihatan lebih tua karena matanya yang sayu, di antara teman-temannya dia memperolah nama Muzeyi (kata Kiswahili yang berarti orang tua). Dia sangat cerdas, cepat memahami sesuatu, dengan ingatannya yang luar biasa yang memungkinkan dia belajar dengan hati dan memiliki perhatian lebih dan pengetahuan akan pengobatan tradisional untuk berbagai penyakit. Seorang pejabat yang bernama Bigomba yang bekerja di tempat tinggal pribadi raja menempatkan dia untuk mengabdi kepada Kabaka Muteesa I. Dia dibaptis pada tanggal 1 November 1885. Setelah kematian Kabaka Muteesa, dia memilih untuk meninggalkan pengabdiannya di istana.

Penganiayaan umat Kristen membuat dia bekerja dengan para misionaris. Dia ditangkap dan dipenggal, kemudian jenazahnya dibuang di rawa Jjungula di antara Mengo dan bukit Namirembe pada tanggal 27 Januari 1887 pada usia 35 tahun.

St. John Mary Kiwanuka Muzeeyi adalah santo pelindung para kaum religius, dokter, perawat, pekerja di rumah sakit, dan pelajar.

Sumber: Uganda Martyrs Shrine

Posted on 15 November 2019, in Orang Kudus and tagged , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: