Apa Bedanya Malaikat dengan Malaikat Agung?

Oleh Philip Kosloski

Para Malaikat Agung Basilika di St. Peter und Paul, Petersberg (Sumber: wikipedia.org)

Kata “malaikat” adalah istilah yang lebih luas, sedangkan “malaikat agung” mengacu pada tingkatan malaikat tertentu yang dipercayakan tugas khusus

Malaikat adalah makhluk spiritual yang menajkubkan yang memikat imajinasi orang Kristen maupun bukan Kristen. Meskipun demikian, masih banyak orang yang bingung dengan istilah yang ditujukan kepada para malaikat, khususnya dua istilah umum yakni “malaikat” dan “malaikat agung.” Nah, apa perbedaannya?

Pertama-tama, malaikat berasal dari bahasa Ibrani yaitu מלאך (mal’akh). Sedangkan dalam bahasa Inggris adalah “angel” yang berasal dari bahasa Latin yaitu angelus, yang berarti “utusan Allah.” Bahasa Latin “angelus” berakar dari bahasa Yunani yaitu ἄγγελος (ángelos) yang bermakna, “pembawa pesan,” atau “delegasi,” atau “duta.” Katekismus Gereja Katolik menyatakannya sebagai berikut:

Santo Agustinus mengatakan: ” ‘Malaikat’ menunjukkan jabatan, bukan kodrat. Kalau engkau menanyakan kodratnya, maka ia adalah roh; kalau engkau menanyakan jabatannya, maka ia adalah malaikat” (Psal. 103,1,15). Menurut seluruh keadaannya malaikat adalah pelayan dan pesuruh Allah. Karena “mereka selalu memandang wajah Bapa-Ku, yang ada di surga” (Mat 18:10), mereka “melaksanakan firman-Nya dengan mendengarkan suara firman-Nya” (Mzm 103:20) (Katekismus Gereja Katolik 329)

Maka, kata “malaikat” secara sederhana menjelaskan apa yang mereka lakukan dan bukan makhluk apa mereka. Para malaikat itu di atas segala utusan, dan seperti yang kita lihat ketika kita membuka Kitab Suci, mereka adalah pembawa pesan rencana ilahi Allah.

Pada saat yang sama, istilah “malaikat” bisanya digunakan untuk menggambarkan malaikat yang berinteraksi dengan manusia, contohnya malaikat pelindung. Mereka adalah malaikat yang termasuk malaikat dengan tingkatan paling rendah dalam hierarki tradisional malaikat.

Maka ketika sampai pada istilah “malaikat agung” maka ada tambahan kata “agung” yang menunjukkan sebagai “kepala” atau “penghulu.” Maka “malaikat agung” adalah “kepala pembawa pesan” Allah.

Malaikat agung itu tingkatannya lebih tinggi dari malaikat pelindung, namun termasuk tingkatan kedua terendah. Dan juga dipercaya bahwa hanya dua tingkatan terendah para malaikat inilah yang berinteraksi dengan manusia.

Malaikat agung juga membawakan pesan paling penting yang harus disampaikan kepada manusia. Seperti tugas St. Gabriel ketika menyampaikan kabar kepada Maria bahwa dia akan melahirkan Sang Mesias.

Namun demikian, baik malaikat maupun malaikat agung masih menjadi makhluk misterius bagi umat manusia, dan kita masih relatif sedikit mengetahui mereka. Allah hanya mengungkapkan sedikit informasi tentang mereka dalam Alkitab, dan sisanya ditafsirkan melalui tuntunan Gereja.

 

Sumber: “What is the difference between an angel and an archangel?”

Posted on 1 October 2020, in Kenali Imanmu and tagged , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: